Propagasi Jaringan Nirkabel

Propagasi Jaringan Nirkabel

Mekanisme peristiwa di balik propagasi gelombang  elektromagnetik bermacam-macam, tetapi secara umum dapat dikelompokkan menjadi 3 (Rappaport, 2002), diantaranya adalah sebagai berikut.
a.    Refleksi atau pantulan
Pantulan terjadi ketika gelombang elektromagnetik yang merambat kemudian menyentuh obyek yang sangat besar dibandingkan dengan panjang gelombangnya. Pantulan ini terjadi pada permukaan bumi dan pada bangunan atau dinding suatu bangunan.
b.    Difraksi
Peristiwa difraksi secara umum adalah pergerakan gelombang yang dekat dengan permukaan bumi, yang cenderung mengikuti pola permukaan bumi. Difraksi terjadi ketika jalur hubungan radio antara pemancar dan penerima terhalang oleh permukaan benda yang memiliki ketidakteraturan yang tajam (dalam hal tepi-tepi permukaan).
c.    Pemencaran (scattering)
Peristiwa pemancaran gelombang terjadi ketika media tempat gelombang selama menempuh perjalan propagasi, terdiri dari objek-objek yang ukurannya kecil dibandingkan dengan panjang gelombang yang berjalan. Gelombang-gelombang yang terpencar dihasilkan oleh permukaan yang kasar, objek-objek yang ukurannya kecil atau penyebab lain yang menimbulkan ketidakteraturan dalam hal jalur lintasan gelombang.

Sumber:
       Rappaport, Theodore S. 2002. Wireless Communications Principles and Practice. Upper Saddle River: Prentice Hall

Comments

Popular posts from this blog

Rancangan dan Anggaran Biaya Instalasi Jaringan Small Office

RF Module from Virtuabotix for Digi XBEE/Zigbee integration Retired

Sniffing URL dengan Wireshark