Sniffing Email dengan Wireshark

Selumnya kita telah membahas artitikel mengenai apai itu sniffing? dan apa itu email bomber? Yang menjadi pertanyaan, bisakah kita menganalisa paket- paket yang melalu-lintas pada jaringan saat kita melakukan pengiriman email. Sebelum menginjak langkah yang lebih jauh, kita harus menganalisa protokol apa yang digunakan saat terjadi pengiriman email? Nah, setelah berhasil googling, ternyata protokol yang digunakan untuk pengiriman email adalah smtp. Kita akan mencoba, membongkar dengan cara memfilter pada wireshark terkait protokol smtp. Ok, langsung saja kita akan membahas langkah demi  langkah, silahkan perhatikan.
1. Langkah awal, kita harus aktifkan dulu wireshark kita untuk memulai capture packet jarringan.

2. Langkah kedua, mulailah mengirimkan email melalui aplikasi email bomber.

3. Selanjutnya buka email, untuk mengecek apakah email sudah terkirim?


4. Ternyata, email sudah masuk kedalam inbox email tujuan. Ok, selanjutnya buka wireshark dan filter hanya protokol smtp saja yang ditampilkan.

5. Selesai.

Dari hasil percobaaan sniffing email di atas dapat jijabarkan bahwa lalu lintas protokol smtp ( untuk email ) terjadi dari alamat pengirim 192.168.2.2 ( merupakan IP Lokal) menuju alamat penerima 74.125.25.109 ( merupakan alamat IP gmail.com). Mengenai membongkar packet secara mendetail termasuk isi data yang dikirimkan, belum dibahas di artikel ini, saya masih mencari tahu informasi-nya. Bagi siapa yang tahu silahkan share dengan meninggalkan comment. Ok, cukup sekian bersambung untuk blog berikutnya.





Comments

Popular posts from this blog

Rancangan dan Anggaran Biaya Instalasi Jaringan Small Office

RF Module from Virtuabotix for Digi XBEE/Zigbee integration Retired

Sniffing URL dengan Wireshark